Pangkalpinang (Antara Babel) - Diskominfo Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menerapkan program aplikasi administrasi perkantoran pemerintah dunia maya "siMAYA" untuk meningkatkan kinerja aparatur pemerintah dalam melayani masyarakat.

"Kami menargetkan tahun depan, seluruh SKPD di lingkungan Pemprov Babel sudah menerapkan aplikasi siMAYA ini," kata Kepala Diskomifo Babel, Noviar Ishak di Pangkalpinang, Jumat.

Penerapan aplikasi itu berdasarkan Surat Edaran MenPanRB No.5/2013 tentang Penggunaan siMAYA sebagai aplikasi administrasi perkantoran maya nasional yang bertujuan meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kemenkomifo untuk mempercepat penerapan aplikasi siMAYA ini dan pihak kementerian siap mendukung untuk menyukseskan program berbasis jaringan internet tersebut," ujarnya.

Saat ini, program aplikasi siMAYA masih dalam tahap sosialisasi ke masing-masing SKPD di lingkungan pemerintah provinsi.

"Aplikasi ini dapat digunakan tanpa harus diinstal dan dapat digunakan secara cepat untuk memberikan informasi kepada masyarakat," katanya.

Menurut dia, program siMAYA ini merupakan salah satu program berbasis "office" untuk perkantoran dan akan diterapkan di seluruh lingkungan pemerintah pusat dan daerah.

"Saat ini, perkembangan teknologi cukup pesat dan memegang peranan penting dalam lingkungan perkantoran dan kehidupan masyarakat karena teknologi ini dinilai lebih efisien, efektif, transparan dan akuntabilitas," ujarnya.    
    
Untuk itu, diharapkan masing-masing SKPD untuk mendukung program ini untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan informasi kepada masyarakat," harapnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015