Koba (Antara Babel) - Murid SDN 1 Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Nadya Sehani keluar sebagai juara dalam lomba bercerita tingkat kabupaten yang diselenggarakan Kantor Arsip dan Perpustakaan setempat.

"Peserta merupakan utusan dari SD yang ada di setiap kecamatan, dan Nadya keluar sebagai pemenang dan berhak mewakili kabupaten untuk mengikuti lomba bercerita tingkat provinsi," kata Ricky Amanda, seorang juri dalam ajang tersebut di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, Nadya Sehani berhasil mengumpulkan poin tertinggi setelah semua nilai dari para dewan juri dikumpulkan dan berhasil menyisihkan puluhan peserta lainnya.

"Dari penguasaan cerita dan penghayatan, memang Nadya cukup bagus sehingga pantas keluar sebagai juara," ujarnya.

Menurut dia, rata-rata para peserta sudah menunjukkan penampilan terbaik sehingga selisih nilai masing-masing peserta tidak terlalu jauh terutama juara satu, dua dan tiga.

"Itu artinya, anak Bangka Tengah sudah menguasai teknik bercerita sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Ia mengatakan, tema yang diangkat dalam kegiatan lomba bercerita ini cukup bagus yaitu "dengan bercerita kita angkat budaya lokal".

"Memang dari dulu, masyarakat rumpun Melayu identik dengan cerita rakyat, hikayat dan sejenisnya. Dengan adanya lomba bercerita tentu satu cara melestarikan budaya lokal," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan lomba bercerita yang terus diagendakan setiap tahun cukup bagus untuk mendorong minat baca para generasi muda.

"Bercerita itu sangat erat kaitannya dengan pemahaman, penghapalan dan pengembangan wawasan berpikir. Tentu itu semua bisa dilakukan dengan membaca," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015