Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat mengatakan pihaknya mengusulkan anggaran sebesar Rp200 miliar ke pemerintah pusat melalui APBN untuk perluasan dermaga di Tanjung Gudang, Belinyu.

"Kami mengusulkan anggaran sebesar Rp200 miliar untuk perluasan dermaga di Tanjung Gudang Belinyu agar mempermudah kegiatan bongkar muat sembako dan logistik lainnya," katanya di Sungailiat, Senin.

Dengan dilakukan perluasan sekitar lebih 300 meter persegi dari sekarang kata Bupati, diharapkan kegiatan bongkar muat logistik masyarakat yang dipasok dari luar pulau Bangka dapat berjalan dengan lancar seperti yang diinginkan.

"Dermaga Tanjung Gudang Belinyu sangat representatif untuk dijadikan alternatif utama selain pelabuhan Pangkal Balam Pangkalpinang yang menjadi dermaga utama untuk kegiatan bongkar muat sembako dan bahan kebutuhan masyarakat," kata bupati.

Menurutnya, selain memperlancar kegiatan perdagangan melalui dermaga itu, diharapkan pula akan terjadinya peningkatan ekonomi masyarakat di kecamatan itu dan masyarakat lainnya.

"Dalam waktu dekat akan kami sosialisasikan kepada masyarakat rencana kegiatan perluasan dermaga itu, karena selain memberitahukan juga untuk mendapat dukungan dari masyarakat luas," ujar bupati.

Bupati mengatakan, pasokan logistik dan kebutuhan masyarakat dari luar pulau Bangka seperti dari Jawa, Palembang dan kota lainnya hendaknya tidak hanya di satu pelabuhan tetapi juga di pelabuhan lainnya yang dapat dan mudah dijangkau oleh kapal angkutan barang.

"Ada sejumlah kegiatan program pembangunan yang memang harus mendapat dukungan dana sepenuhnya dari pemerintah pusat karena keterbatasan anggaran daerah," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015