Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui dinas terkait menyalurkan bantuan sebanyak 5.000 kilogram bibit padi varietas unggul untuk 10 gabungan kelompok tani (gapoktan) di daerah itu.    
    
"Tahun ini kami menyalurkan bantuan bibit padi varietas unggul sebanyak 5.000 kilogram bagi 10 gapoktan yang tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Puding Besar, Riau Silip dan Kecamatan Mendo Barat," kata Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka, Suprani di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, luas areal sawah yang mendapatkan bantuan bibit padi melalui gapoktan itu masing-masing untuk Kecamatan Puding Besar seluas 84,5 hektar sawah, Mendo Barat 20 hektar sawah dan Kecamatan Riau Silip 95,4 hektar atau total sawah seluas 199,9 hektar.

"Jenis bibit pagi yang disalurkan secara gratis melalui dana APBD Kabupaten Bangka itu berupa bibit padi jenis Ciherang, Inpari24, Ciliwung dan IR 64," katanya.

Menurutnya, jenis varietas padi itu memiliki keunggulan dengan jumlah buliran padi yang baik dan banyak juga termasuk jenis padi yang tahan terhadap hama penyakit.

"Saya berharap dengan bantuan bibit padi itu dapat meningkatkan produksivitas hasil panen yang memuaskan bagi petani," katanya.

Selain bantuan bibit padi varietas unggul secara gratis, kata dia, pihaknya juga menyalurkan sejumlah obat tanaman padi baik insektisida maupun pestisida.

"Bibit padi yang disalurkan ke petani melalui gapoktan untuk digunakan pada musim tanam padi pada bulan April sampai Agustus 2015," katanya.

Dia mengatakan, sektor pertanian merupakan salah satu unggulan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah selain sektor unggulan lainnya, namun harus tetap dilakukan pengelolaan yang maksimal terutama masyarakat petani.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015