Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat 6.137 warga di daerah itu yang tersebar di delapan kecamatan, diketahui kontak erat dengan pasien COVID-19.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Sabtu, mengatakan 6.137 warga yang diketahui kontak erat berdasarkan hasil penelusuran, pelacakan dan pengujian oleh tim kesehatan dan BPBD.

"Warga yang diketahui kontak erat berasal dari lingkungan keluarga, teman kerja maupun tetangga pasien COVID-19," jelasnya.

Dikatakan, dari hasil pengujian warga yang kontak erat terdapat sejumlah yang dinyatakan positif baik hasil antigen maupun hasil tes PCR, begitu juga sebaliknya.

"Warga yang dinyatakan positif dari hasil mengujian langsung mendapat layanan isolasi ataupun perawatan di rumah sakit yang telah ditunjuk pemerintah daerah," ujarnya.

Berdasarkan data informasi perkembangan COVID-19 Kabupaten Bangka, warga terbanyak kontak erat berasal dari Kecamatan Sungailiat mencapai 2.084 orang dan terendah di Kecamatan Bakam hanya terdapat 71 orang.

Boy Yandra mengakui kasus sebaran COVID-19 masih terjadi setiap harinya termasuk angka kematian pasien COVID-19 yang sudah ditemukan di semua wilayah kecamatan.

"Untuk mencegah dan memutus sebaran COVID-19, saya ingatkan seluruh lapisan masyarakat mematuhi penerapan prokes seperti memakai masker, menjaga jarang, mencuci tangan rutin dengan sabun dan air mengalir, segera melapor ke puskesmas terdekat jika mengalami keluhan kesehatan serta melapor ke satgas setempat jika merasa kontak erat dengan pasien COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021