Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Polisi Anang Syarif Hidayat memantau shalat Idul Adha 1442 Hijriyah di Masjid Jami Kota Pangkalpinang, guna memastikan penerapan protokol kesehatan selama pelaksanaan shalat id.

"Saya meminta seluruh masyarakat khusus jemaah shalat id di masjid ini untuk selalu menerapkan prokes," kata Inspektur Jenderal Polisi Anang Syarif Hidayat di Masjid Jami Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, pada momentum perayaan Idul Adha di tengah pendemi COVID-19 ini, umat Muslim dapat mencontoh keteladanan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS. "Dimana saat ini, kita sedang diuji oleh Allah SWT melalui makhluknya berupa virus corona. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat untuk selalu dan lebih disiplin menerapkan prokes agar pendemi ini segera berlalu," katanya.

Menurut dia virus corona ini terbukti ada dan telah banyak merenggut korban jiwa sehingga masyarakat jangan mengabaikan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan berprilaku hidup sehat.

"Kita tidak ingin Kota Pangkalpinang yang telah berstatus zona merah ini akan terus seperti ini, bahkan lebih parah karena masyarakat tidak mematuhi prokes yang ditetapkan pemerintah," katanya.

Pantauan ANTARA, Selasa pagi, meski hujan gerimis masyarakat Kota Pangkalpinang tetap antusias datang ke masjid untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1442 Hijriah.

Terlihat di sejumlah masjid seperti Masjid Jami Muhamadiyah dan sekitarnya dijaga ketat aparat TNI, Polri, Dishub dan Satpol Pamong Praja untuk memastikan pengurus masjid dan jemaah menerapkan prokes COVID-19.

Sementara itu, kondisi lalu lintas di pusat ibukota itu terlihat sepi, lancar dan aman. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021