Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar pelatihan bagi pemandu wisata untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi di bidangnya.

"Sektor pariwisata ini sangat penting, maka perlu dikelola, dikembangkan, dan dirawat oleh semua pihak. Upaya pemerintah dalam meningkatkan kompetensi para pelaku pariwisata satu dari solusi untuk memajukan sektor kepariwisataan," kata Staf Ahli Bidang SDM Pemkab Bangka Tengah Fittor di Koba, Babel, Rabu.

Dalam acara pelatihan yang diikuti sebanyak 40 pemandu wisata dari perwakilan pokdarwis itu, Fittor mengatakan pemandu wisata ini bisa menjadi ujung tombak untuk membentuk citra yang baik sehingga bisa meningkatkan minat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Bangka Tengah.

"Saya optimistis kendati di tengah pandemi virus corona baru, namun sektor kepariwisataan bisa menggeliat dan berkembang untuk menambah pendapatan daerah," ujarnya.

Sementara, Kepala Disbudparpora Bangka Tengah Zainal mengatakan 40 peserta pelatihan dari pokdarwis usai pelatihan akan diberikan sertifikat kompetensi pemandu wisata.

"Sertifikat ini diakui secara internasional, jadi mereka ini dinyatakan punya hak untuk memandu wisata," ujarnya.

Zainal berharap pemandu wisata lebih profesional dalam menjalankan tugasnya memandu dan mempromosikan potensi wisata daerah.

"Banyak faktor pendukung untuk kemajuan sektor kepariwisataan dan pemandu wisata garda terdepan untuk kemajuan kepariwisataan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021