Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Manggar, Kabupaten Belitung Timur, menyiapkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp600 miliar.

"Tahun ini kami menyediakan dana KUR senilai Rp600 miliar dan hingga Juli 2021 baru terealisasi atau terserap sebesar Rp6,8 miliar," kata Wakil Kepala Kantor Bank Sumsel Babel Cabang Manggar, Achyar Rachmadansyah di Manggar, Senin.

Ia menjelaskan, dana KUR yang disediakan dengan nominal paling rendah Rp50 juta dan plafon tertinggi sebesar Rp500 juta.

"Serapan dana KUR di Belitung Timur tergolong kecil jika dibandingkan dengan daerah lain karena berbagai sebab, terutama kondisi perekonomian masyarakat dalam satu tahun terakhir mulai merosot," ujarnya.

Ia menjelaskan, dana KUR sebesar Rp600 miliar itu untuk KUR dengan kategori kecil, KUR mikro dan KUR super mikro.

"Jumlah KUR Mikro ada penambahan dari sebelumnya Rp180 miliar menjadi Rp280 miliar khusus untuk pandemi ini, penambahan itu lantaran realisasi pencairan kita secara global sudah terpenuhi," jelasnya.

Ia menjelaskan, jumlah debitur untuk KUR Kecil sebanyak 30, KUR Mikro 60 dan KUR Super Mikro 18.

"Ada beberapa kendala terkait syarat untuk KUR Kecil. Salah satunya, syarat agunan di mana banyak calon debitur yang belum memiliki Sertifikat Hal Milik (SHM)," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021