Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh, siap menindaklanjuti masukan Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan dalam pidato kenegaraan, Senin pagi.

"Secara otomatis kami di daerah akan menindaklanjuti arahan yang telah disampaikan Presiden Jokowi tadi baik dari segi anggaran dan reformasi struktural," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, beberapa poin penting dalam pidato kenegaraan tersebut diantaranya adalah mengenai penyusunan APBN tahun 2022 serta reformasi dan transformasi struktural.

Ia mengatakan, Presiden telah menegaskan bahwa APBN tahun 2022 harus antisipatif, responsif dan fleksibel serta dengan prinsip kehati-hatian terutama di tengah situasi pandemi COVID-19.

"Sebagaimana tadi disampaikan bahwa yang menjadi prioritas sudah cukup jelas sehingga kami yang berada di jajaran bawah di daerah akan menindaklanjuti arahan itu," katanya.

Ia menambahkan, secara garis besar pidato Presiden adalah fokus pada upaya pengendalian COVID-19 agar segera berakhir serta fokus pada pemulihan kondisi ekonomi dan kesehatan.

Dikatakan dia, hal tersebut juga sejalan dengan kondisi saat ini dimana pemerintah daerah tetap fokus pada penanganan pandemi COVID-19 serta pemulihan sektor ekonomi dan kesehatan.

"Presiden berupaya menyehatkan perekonomian dengan beberapa cara dan regulasi termasuk dengan penyederhanaan seperti yang telah kita simak melalui pidatonya tadi," ujarnya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021