Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan mendorong pertumbuhan perkoperasian daerah dengan melakukan pengembangan usaha di sejumlah sektor.

"Pertumbuhan perkoperasian dengan melakukan pengembangan usaha dianggap penting guna mendukungan penguatan ekonomi masyarakat melalui anggota-anggotanya," kata Mulkan di Sungailiat, Rabu saat membuka pelatihan penilaian kesehatan koperasi.

Dia menyarankan pengurus koperasi melalui dasar musyawarah hendaknya memperluas jenis usaha disektor lain yang berkesinambungan disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

"Saya sarankan jangan hanya usaha simpan pinjam yang dikembangkan oleh koperasi namun, harus dapat mengembangan disektor usaha lain seperti pertokoan dan jenis usaha yang disesuaikan kebutuhan," jelasnya.

Dengan cakupan berbagai jenis usaha katanya, usaha perkoperasian tersebut akan lebih cepat maju dan berkembang sesuai yang diharapkan.

"Hal penting yang diperhatikan dalam mengelola usaha koperasi yakni, antara pengurus dan anggota harus terbuka, bermusyawarah yang diatur dalam anggaran dasar dan rumah tangga koperasi," katanya.

Bupati mencatat terdapat 208 unit koperasi di daerahnya tersebar di sejumlah wilayahnya dan hanya 142 koperasi masuk kategori aktif karena diketahui melakukan rapat anggota tahunan.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021