Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 323 rumah tangga sasaran (RTS) di Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) 2015 melalui PT. Pos setempat.

Ketua Umum Forum Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bangka Belitung, Zardi di Sungailiat, Minggu mengatakan, 323 RTS di kecamatan itu terdiri dari enam desa dengan jumlah besaran yang diterima sebanyak Rp600 ribu per RTS.

"Jumlah bantuan PSKS sebesar Rp600 ribu per RTS dilakukan akumulasi selama tiga bulan dengan besaran setiap bulannya sebesar Rp200 ribu per RTS," katanya.

Dikatakan, dana bantuan PSKS merupakan program pemerintah pusat melalui kementerian terkait dengan dana APBN. Total penerima program PSKS di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 37.975 RTS yang disalurkan secara bertahap di daerah masing-masing.

"RTS penerima bantuan PSKS di Kabupaten Bangka mencapai lebih kurang 1.000 RTS dan yang pertama kali disalurkan yakni, penerima bantuan di Kecamatan Pemali, dan untuk kecamatan lainnya akan disalurkan bertahap melalui PT. Pos Sungailiat," katanya.    
    
Dia berharap, dana bantuan itu dapat dipergunakan sebaik mungkin oleh penerimanya untuk kebutuhan keluarganya.

Sementara petugas PT. Pos Sungailiat, Wanto mengatakan, pihaknya menyalurkan bantuan PSKS baru pertama kali di Kecamatan Pemali, sedangkan kecamatan lainnya akan dilakukan penyalurannya di kantor Pos.

"Untuk penyaluran bantuan itu selain Kecamatan Pemali akan disalurkan di kantor Pos, sedangkan penerima bantuan PSKS di Kecamatan Riau Silip dan Belinyu akan disalurkan langsung oleh PT.Pos Kota Pangkalpinang," katanya.

Pihaknya kata dia, dalam kegiatan program ini hanya sebagai lembaga yang dipercaya oleh pemerintah untuk menyalurkannya sedangkan jumlah data penerima termasuk warga yang berhak menerimanya adalah pihak TSKS atau pemerintah daerah setempat.

"Kami hanya mempunyai kewenangan penyalurkan saja, untuk jumlah penerimanya dan masyarakat yang berhak menerimanya adalah kewenangan pemerintah daerah atau dinas dan lembaga terkait," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015