Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, segera mengisi kekosongan jabatan struktural di daerah itu guna mengoptimalkan jalan roda pemerintahan.

"Kami akan segera menyelasaikan dan mengisi kekosongan ini dengan melakukan lelang maupun mutasi jabatan," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, sebanyak lima jabatan eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung saat ini mengalami kekosongan dikarenakan pejabat sebelumnya memasuki masa pensiun dan meninggal dunia.

Ia menyebutkan, lima jabatan tersebut antara lain Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Perindustrian (DPMPTSPP), Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkab Belitung dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Manusia (BKPSDM).

"Kemarin kami baru saja kehilangan Kepala BKPSDM karena meninggal dunia sehingga menambah daftar kekosongan jabatan maka kekosongan tersebut sesegera mungkin akan kami lakukan pengisian," ujarnya.

Dikatakan dia, pihaknya telah mengirimkan surat permohonan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk melaksanakan "job fit".

"Persetujuan memang sudah ada untuk pelaksanaan "job fit" namun "minus" untuk jabatan Kepala BKPSDM karena sewaktu permohonan itu disampaikan jabatan tersebut memang belum kosong," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Selasa mengatakan KASN telah memberikan izin pelaksanaan "job fit" guna mengisi kekosongan di daerah itu.

Dikatakan dia, setelah "job fit" selesai dilaksanakan maka selanjutnya akan dilanjutkan dengan pengajuan permohonan izin pelaksanaan lelang jabatan.

"Kami targetkan sebelum Desember ini sudah melaksanakan "job fit" kemudian lelang di tahun 2022 karena kami ingin menyelesaikan satu keputusan KASN bahwa bisa melakukan "job fit". Setelah itu selesai baru kami meminta izin untuk melelang dan hasilnya itu harus dilaporkan kepada KASN," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021