Toboali (Antara Babel) - Sebanyak 3.335 rumah tangga sasaran (RTS) di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menerima bantuan program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) sebesar Rp600 ribu per RTS.

"Pembayaran bantuan PSKS akan dimulai pada 25 April hingga 2 Mei 2015 di kantor pos terdekat," kata Kepala Bidang Pemberdayaan, Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Selatan, Marsuri Manap di Toboali, Kamis.

Ia menjelaskan, ke-3.335 penerima PSKS ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2011. Mereka tersebar di delapan kecamatan dimana Kecamatan Toboali merupakan yang terbanyak dibanding kecamatan lain.

PSKS di Kecamatan Toboali sebanyak 1.037 RTS, sedangkan kecamatan yang paling sedikit yaitu Kecamatan Simpang Rimba sebanyak 225 RTS.

"Kami hanya menyampaikan kepada lurah dan kepala desa untuk disampaikan kepada masyarakat yang menerima bantuan," katanya.

Ia menyebutkan, program PSKS ini merupakan lanjutan dari program BLS. Penyaluran pada bulan ini merupakan tahap kedua sedangkan tahap pertama disalurkan pada November tahun lalu.

"Pembayaran bantuan dilakukan per triwulan sekali, setiap bulan mendapatkan sebesar Rp200 ribu, jadi kalau tiga bulan totalnya ada Rp600 ribu per RTS," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diimbau kepada penerima program ini agar tidak menarik semua uang yang ada, agar mereka ada tabungan dan bisa diambil jika ada kebutuhan yang mendesak.

"Sebaiknya disimpan sebagian dan jangan diambil semua, namun itu tergantung dari penerima kalau memang sedang butuh, disilahkan diambil semua," katanya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015