Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sampai dengan hari Sabtu (11/9) ini masih terdapat 741 kasus aktif COVID-19 tersebar di delapan kecamatan.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Sabtu mengatakan, 741 kasus aktif tersebut saat ini menjalani proses perawatan kesehatan baik di rumah sakit rujukan, isolasi terpadu maupun di balai karantina yang disediakan pemerintah daerah.

Ratusan kasus aktif masing - masing dari Kecamatan Bakam sebanyak 39 orang, Belinyu 193 orang, Mendo Barat 63 orang, Merawang 61 orang, Pemali 111 orang.

Selanjutnya di Kecamatan Puding Besar terdapat 74 kasus aktif, Riau Silip sebanyak 40 orang serta di Kecamatan Sungailiat yang merupakan kota induk terdapat 160 kasus aktif.

"Kasus aktif yang menyebar disemua wilayah kecamatan sebagian sudah hampir dinyatakan sembuh atau selesai menjalani proses karantina," kata Boy Yandra yang menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bangka.

Berdasarkan data perkembangan kasus COVID-19 Kabupaten Bangka, sampai dengan Sabtu (11/9) total kasus sebanyak 9.471 orang, 8.392 orang dinyatakan sembuh,338 pasien meninggal dunia serta terdapat 586 warga masih menunggu hasil uji PCR dari laboratorium daerah.

"Temuan kasus harian masih terjadi meskipun angkanya cenderung mengalami penurunan begitu pula halnya angka kesembuhan pasien mengalami peningkatan," katanya.

Optimalisasi pencegahan sebaran kasus, kata dia, pihak dinas kesehatan mempercepat layanan vaksinasi dengan sasaran mulai dari peserta didik usia 12 tahun keatas sampai usia lanjut.

"Pelaksanaan vaksinasi masih terus dilakukan dan operasi penerapan prokses oleh pihak kepolisian juga rutin digelar terutama di tempat yang banyak dikunjungi warga," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021