Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ir. Soekarno di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan ruang bersalin khusus bagi penderita COVID-19 yang hendak melahirkan.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Sabtu, menganjurkan pasien COVID-19 yang hendak melahirkan dirujuk ke rumah sakit tersebut.

Ia menjelaskan, penyediaan ruang bersalin khusus bagi ibu hamil yang terinfeksi virus corona ditujukan untuk menekan risiko penularan COVID-19 dan risiko kematian ibu melahirkan.

Gubernur juga menekankan pentingnya deteksi dini penularan COVID-19 pada perempuan yang sedang hamil.

"Deteksi awal harus benar-benar dilakukan, sehingga kita dapat memberikan pelayanan terbaik untuk para ibu hamil," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah berusaha meningkatkan upaya untuk menekan risiko penularan virus corona pada perempuan yang sedang hamil, termasuk di antaranya dengan melakukan vaksinasi COVID-19 pada ibu hamil.

"Kami ingin para ibu hamil dari awal kandungan hingga nanti persalinan terhindar dari COVID-19," katanya.

Selain itu, ia melanjutkan, ibu hamil yang tertular COVID-19 harus ditangani segera supaya infeksinya tidak menimbulkan gejala parah atau kematian.

"Kepada ibu hamil saya berpesan, tingkatkan imun kita dengan hati senang, gembira, dan satu yang penting yaitu rajin bersedekah," ia menambahkan.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021