Satuan Lalu Lintas Polres Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menggelar razia di jalan raya sambil mengajak warga mengikuti program Vaksinasi COVID-19.

"Selain melakukan penertiban terhadap para pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya, kami juga melakukan sosialisasi dan edukasi agar warga mau dan sadar pentingnya vaksinasi dalam upaya mengendalikan penularan COVID-19 di daerah ini," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bangka Barat Iptu R.T.A. Sianturi di Mentok, Minggu.

Selain dua kegiatan tersebut, pihaknya juga memberikan teguran kepada para pengendara dan penumpang yang kedapatan tidak memakai masker.

Menurut dia, kegiatan pengawasan terhadap para pengemudi kendaraan bermotor merupakan salah satu upaya yang dilakukan polisi dalam meningkatkan ketertiban, keamanan, dan kelancaran lalu lintas kendaraan di jalan raya.

"Kami ingin menekan jumlah pelanggaran dan juga akan berdampak pada menurunnya angka kecelakaan di jalan raya," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, Satlantas terpaksa melakukan penindakan terhadap para pengendara yang kedapatan melanggar aturan berlalu lintas, seperti tidak melengkapi diri dengan surat-surat, kelengkapan kendaraan dan tidak memakai helm.

"Sebanyak 12 kendaraan kami amankan sementara karena tidak lengkap," kata Sianturi.

Pada kesempatan bertemu dengan warga tersebut, para personel juga memberikan edukasi dan sosialisasi pentingnya upaya bersama mengendalikan penularan COVID-19.

Para personel memberikan imbauan kepada para pengendara dan penumpang agar sukarela ikut program vaksin yang saat ini sedang digencarkan pemerintah.

Ia mengajak warga segera datang ke gerai-gerai vaksinasi COVID-19 yang saat ini petugas vaksinator sudah memberikan pelayanan tidak hanya di unit pelayanan kesehatan, tetapi hingga pelosok desa dan sekolah-sekolah.

Untuk gerai serbuan vaksin COVID-19, akan dilakasanakan pada hari Senin (20/9) di Puskesmas Mentok, Desa Airlimau, RSUD Sejiran Setason, Kelurahan Keranggan, Puskesmas Kundi, Airmenduyung, Bukitterak, ruang pertemuan Kecamatan Simpangteritip, dan SMP Negeri 4 Simpangteritip, Puskesmas Jebus.

Selain itu, di SMPN 1 Jebus, RS GM, Desa Teluklimau, Puskesmas Sekarbiru, SMK N 1 Parittiga, SMP N 1 Kelapa, SMP N 5 Kelapa, Puskesmas Tempilang, Desa Sangku, dan di SMPN 2 Tempilang.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021