DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung wali kota setempat dalam upaya menuju herd immunity agar menekan penyebaran Covid-19 di kota itu.

"Kami mendukung keinginan Wali Kota Pangkalpinang untuk segera mencapai Herd Imunity bagi masyarakat. Karena dari data dinas kesehatan Pangkalpinang merupakan kota yang paling banyak terpapar virus corona," Wakil Ketua Komisi 2 DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady, Minggu.

Terkait adanya wajib vaksin ketika mau masuk Pantai Pasirpadi pada Sabtu dan Minggu, pihaknya mendukung hal tersebut sebagai upaya menuju herd immunity.

"Saya kira ini wajar mengingat Pangkalpinang adalah ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan merupakan gerbangnya pulau Bangka. Saya kira wajar jika kemudian secara data tercatat kasus tertinggi ada di sini. Walaupun pada faktanya tidak hanya warga Pangkalpinang saja yang dicatat tetapi juga warga yang ada di kabupaten sekitar kota Pangkalpinang," katanya.

Apalagi kata Dia, hari ini stok vaksin sangat berlimpah baik dari dinas kesehatan maupun lembaga vertikal seperti kepolisian ataupun TNI. Dan kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh kelompok masyarakat, organisasi kepemudaan, partai politik juga terlihat sangat ramah, sehingga tidak ada lagi alasan jika kita tidak kebagian jatah dosis vaksin.

Ini pun seharusnya juga Diupayakan oleh seluruh pemerintah daerah termasuk provinsi, karena mobilitas masyarakat Bangka Belitung cukup tinggi dan jika sudah divaksin tentu kita berharap dapat menurunkan potensi terpaparnya Covid-19. 

"Dan persyaratan vaksin bagi tempat-tempat tertentu seperti tempat wisata, mungkin nanti sekolah, bisa sebagai salah satu faktor pendorong untuk masyarakat memilih di vaksin. Karena ini adalah program nasional yang diturunkan hingga ke daerah, harapan kita dengan vaksinasi ini peningkatan kasus Corona di Pangkalpinang dapat terus melandai," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021