Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong para perajin untuk mengembangkan produk khas lokal.

"Kita terus dorong para perajin mengembangkan produk khas lokal, untuk menggeliatkan perekonomian keluarga," kata Ketua Dekranasda Bangka Tengah, Eva Algafry di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pihak Dekranasda terus berupaya melakukan pembinaan terhadap para pelaku usaha kreatif yang mengembangkan produk khas lokal di antara usaha rajutan rotan, kopiah resam dan jenis usaha lainnya.

"Pembinaan baik itu dalam meningkatkan sumber daya manusianya, maupun membantu membuka pangsa pasar untuk produk khas lokal," ujarnya.

Eva mengatakan bahwa potensi produk kerajinan khas lokal cukup beragam dan sangat menarik serta memiliki nilai budaya lokal.

"Justru itu, Deskranasda merupakan sebuah lembaga harus handal dalam mendukung kemandirian ekonomi melalui pengembangan produk yang ada," katanya.

Pihaknya, lanjut dia, juga meminta pemerintah daerah untuk mendukung usaha kerajinan kreatif para perajin di antaranya perajin rajutan rotan, akar bahar, kopiah resam dan jenis produk khas lainnya.

"Para perajin tersebut sudah memiliki kemampuan dalam menciptakan produk, hanya saja saat ini mereka terkendala modal dan pemasaran," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021