Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan lebih fokus mengembangkan komoditas unggulan pertanian.

"Sektor pertanian saat pandemi ini mampu menjadi pendobrak perekonomian warga, maka kita fokus pada komoditas yang secara ekonomis lebih menguntungkan petani," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Jumat.

Bupati menjelaskan, komoditas unggulan pertanian di Bangka Tengah yang memiliki prospek ekonomi untuk terus dikembangkan adalah Kelapa Sawit, Lada, Karet dan Kopi.

"Kita siapkan sarana dan prasarana untuk terus menggeliatkan komoditas unggulan tersebut, sehingga mampu meningkatkan produksi dengan pasar terjamin dan harga lebih stabil," ujarnya.

Selain itu kata dia, ilmu para petani terus ditingkatkan melalui para penyuluh pertanian sehingga mampu mengubah pola tanam dan cara berpikir lebih profesional.

"Sementara bantuan terus digulirkan baik berupa peralatan pertanian, bibit dan penyaluran pupuk," ujarnya.

Bupati mengharapkan, pembangunan perkebunan menggunakan sistem agribisnis yang berdaya saing, berkeadilan dan berkelanjutan.

"Untuk bisa mencapai itu, tentu kita harus meningkatkan produktivitas pertanian dan meningkatkan mutu hasil pertanian," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021