Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimistis layanan vaksinasi di daerahnya mampu mencapai 70 persen hingga akhir 2021 dari target 255.161 sasaran untuk semua kelompok usia wajib vaksin.

"Saya optimistis target 70 persen hingga akhir tahun mampu tercapai karena layanan vaksinasi terus dioptimalkan melibatkan berbagai pihak seperti, TNI, Polri, partai politik, swasta, organisasi kemasyarakat dan pihaknya lainnya," katanya di Sungailiat, Sabtu menanggapi sasaran vaksinasi COVID-19.

Selain melibatkan berbagai pihak kata dia, pihaknya melakukan terobosan percepatan layanan vaksinasi mulai dari membentuk duta vaksin, pelayanan wisata vaksin sampai dengan layanan vaksinasi jemput bola.

Berdasarkan data perkembangan layanan vaksinasi di Kabupaten Bangka, sampai dengan saat ini untuk vaksin dosis pertama sudah mencapai 117.095 orang atau 45,89 persen dari total sasaran, dosis kedua 67.062 atau 26,28 persen, sedangkan untuk layanan vaksinasi ketiga "booster" khusus tenaga kesehatan mencapai 2.444 orang atau 80,8 persen.

"Kami perbanyak gerai layanan vaksin sampai ke tingkat desa untuk memberikan kemudahan akses vaksin bagi masyarakat yang selama ini mengalami kendala jangkauan," jelas bupati.

Dia mengingatkan masyarakat usia wajib vaksin yang belum divaksin untuk segera mendaftar di setiap gerai vaksin hanya cukup dengan membawa KTP dan KK.

"Meratanya masyarakat mendapat vaksin membantu memulihkan daerah ke zona aman sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas meskipun harus berdampingan dengan COVID-19," katanya.

Bupati meyakinkan bahwa vaksin yang diberikan ke masyarakat cukup aman karena sudah melalui tahap penelitian berdasarkan standar kesehatan yang ditetapkan pemerintah termasuk juga keabsahan dari lembaga MUI.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021