Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan minta pengiat pariwisata dimasing - masing destinasi wisata mampu memaksimalkan pelayanan kepada wisatawan.

"Pengiat pariwisata seperti masyarakat kelompok sadar wisata, pengelola desa wisata baik pantai maupun pengelola wisata alam mempunyai peranan penting memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan yang berkunjung," katanya di Sungailiat, Kamis saat menutup kegiatan pelatihan keamanan dan keselamatan destinasi.

Menurutnya, keindahan alam yang ditawarkan kepada wisatawan harus dilengkapi dengan pelayanan penyelamatan pengunjung di objek wisata itu jika terjadi musibah.

"Pelayanan yang diberikan pengelola destinasi wisata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena merasa terlindungi dan aman," katanya.

Bupati mengatakan, sektor pariwisata terus dikembangkan baik melibatkan peran swasta maupun masyarakat di wilayah potensi wisata.

"Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang diprioritaskan dalam mendukung peningkatan pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Arman Agus, mengatakan sejumlah pengiat wisata di daerahnya sudah mendapat pelatihan keselamatan yang disesuaikan dengan destinasi wisata setempat.

"Untuk pengiat destinasi wisata kami sudah memberikan pembekalan pelatihan seperti menyelamatkan pengunjung pantai yang terseret arus air laut dan penyelamatan kebakaran di wisata alam serta pembekalan keselamatan lainnya yang disesuaikan pengiat wisata," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021