Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintah Provinsi Lampung menjalin kerja sama pada tiga sektor antara lain investasi, perdagangan dan pariwisata guna memajukan perekonomian di dua provinsi itu.

"Kerja sama ini sebagai awal dari membangkitkan kembali perekonomian di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang dulunya memang menyatu sebelum terpisah," kata Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan di Tanjung Pandan, Kamis. 

Menurut dia, kerja sama yang terjalin tersebut dipastikan akan menguntungkan kedua belah pihak mengingat cukup banyak potensi yang dimiliki oleh kedua daerah namun belum  dikelola secara optimal. 

"Provinsi Lampung memiliki banyak sumber daya alam dan terutama hasil pertanian yang nantinya bisa ditukarkan atau pasarkan di sini begitu juga dengan hasil-hasil pertanian kami bisa di pasarkan di sana," ujarnya. 

Erzaldi menambahkan, adapun yang tidak kalah penting dalam kerja sama tersebut adalah mengenai rencana pembukaan jalur transportasi laut yang menghubungkan pelabuhan Sadai di Bangka Selatan dan pelabuhan Mesuji di Provinsi Lampung. 

"Dua pelabuhan ini akan mempereratkan dan mengembangkan hal-hal yang berkenaan dengan investasi, pertukaran jual beli komoditi dan kemajuan pariwisata," kata dia. 

Dengan dibukanya akses transportasi tersebut, lanjut Erzaldi, diharapkan dapat meningkatkan pertukaran atau penjualan komoditi serta kunjungan wisatawan menuju Bangka Belitung. 

"Kedepannya juga tidak menutup kemungkinan dibukanya akses transportasi udara dari Bangka Belitung menuju Lampung," ujarnya. 

Sementara itu, Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan Bangka Belitung dan Lampung memiliki kesamaan baik dari tradisi dan kebudayaan. 

"Bangka Belitung provinsi memiliki potensi-potensi luar biasa bayangkan saja terdapat ribuan Pulau-Pulau kecil yang belum digarap atau dikerjakan dengan sempurna sehingga menjadi potensi luar biasa," katanya. 

Ia menambahkan, potensi lain yang bisa dimanfaatkan dalam jalinan kerja sama tersebut adalah pertukaran komoditi hasil pertanian baik yang diproduksi di daerah Lampung atau sebaliknya. 

"Produksi-produksi pertanian memang ada yang belum dipenuhi secara sendiri dan yang sangat dibutuhkan oleh Belitung sedangkan kami sudah lebih sehingga nantinya ada efisiensi pengiriman yang lebih cepat dan murah ke sini," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021