Muntok (Antara Babel) - Lokasi wisata Pesanggrahan Menumbing Muntok, di Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka, terus berbenah untuk menyambut musim liburan sekolah untuk menambah kenyamanan pengunjung yang diperkirakan jumlahnya meningkat.

"Musim libur sekolah tinggal beberapa minggu lagi, setelah itu dilanjutkan libur Idul Fitri, kalau tidak disiapkan sejak sekarang, kami khawatir nanti para pengunjung tidak nyaman," kata petugas pengelola Pesanggrahan Menumbing, A Yunianta di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, pembenahan pesanggrahan yang dibiayai anggaran daerah tersebut masih sebatas perbaikan atas cor dan pengecatan kembali beberapa bagian yang rusak.

"Sebelumnya ada beberapa titik atap yang merembes sehingga tembok dan plafon lembab dan cat banyak yang mengelupas, kami berharap adanya perbaikan ini bisa lebih layak," kata dia.

Ia mengatakan, perbaikan hanya dilakukan di lingkungan bangunan, sedangkan yang di luar belum dilakukan karena keterbatasan anggaran yang ada.

Dia memperkirakan, jumlah kunjungan wisatawan pada musim liburan sekolah dan libur lebaran akan meningkat drastis, bahkan biasanya saat libur Idul Fitri akan mencapai lebih dari 1.000 orang per hari.

Terkait dengan masih banyaknya sampah yang berserakan di sekitar lingkungan Pesanggrahan Menumbing, ia mengimbau kepada seluruh pengunjung untuk membuang sampah di tempat yang tersedia.

"Kami berharap pengunjung ikut menjaga kebersihan lingkungan agar semakin nyaman sehingga pengunjung akan semakin betah berlama-lama di objek wisata yang terletak di puncak gunung tersebut," kata dia.

Ia mengatakan, pada tahun berikutnya pemkab akan berupaya melengkapi beberapa fasilitas pendukung agar wisatawan tidak jenuh berkunjung ke lokasi bekas pengasingan sejumlah pejuang Kemerdekaan RI tersebut.

"Tahun depan kami usulkan untuk membuat diorama peristiwa pengasingan Proklamator RI dan para pejuang Kemerdekaan saat mereka diasingkan di Muntok," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015