Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng sejumlah komunitas untuk ikut berperan aktif dalam promosi wisata daerah agar jumlah kunjungan semakin meningkat.

"Kita berharap para pengurus dan anggota komunitas yang memiliki jaringan luas di luar daerah tersebut bisa ikut membantu promosi sehingga ke depan kepariwisataan di daerah ini bisa kembali bangkit," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, M. Soleh di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, komunitas dalam berbagai bidang memiliki jaringan cukup luas, seperti kelompok penyepeda, kesenian, fotografi, otomotif, bonsai dan lainnya, sehingga cukup potensial untuk diajak kerja sama dalam mengenalkan potensi wisata yang ada di daerah itu.

"Pemkab cukup terbuka dan ingin bersama-sama masyarakat memajukan pariwisata daerah, untuk itu kami mengajak para pengurus dan anggota komunitas berkomunikasi, berkoordinasi dan saling membantu," katanya.

Upaya menggandeng komunitas tersebut telah berlangsung dan akan terus dilakukan agar pembangunan kepariwisataan daerah semakin berkembang, seperti yang dilakukan saat menerima pengurus dan anggota Indonesia Motorhome Club (IMC) yang saat ini sedang menggelar "Over Land to Bangka".

Menurut dia, kedatangan rombongan yang beranggotakan sekitar 50 orang tersebut cukup potensial untuk dijadikan mitra promosi wisata Bangka Barat yang memiliki banyak potensi wisata, salah satunya sebagai kota pusaka, kota penuh sejarah.

"Bangka Barat khususnya Mentok kota tua yang penuh dengan nilai sejarah tinggi, karena menjadi tempat pengasingan Proklamator dan para pejuang Kemerdekaan RI pada 1948-1949," katanya.

Dia berharap kedatangan rombongan ini bisa mempromosikan bahwa Kota Mentok sungguh indah dengan kuliner yang enak, wisata dan punya "heritage" luar biasa.

"Kedatangan kawan-kawan ini kami harapkan bisa menjadi awal yang baik untuk kebangkitan pariwisata Bangka Barat, Bangka Belitung, semoga akan memancing para wisatawan lain berkunjung ke Pulau Bangka khususnya kota Mentok ini," kata Soleh.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Ali menjelaskan rombongan IMC "Over Land to Bangka" datang sekaligus menggelar acara bantuan sosial dengan tujuan Bangka, Sungailiat dan sekitarnya.

"Setelah ini kami berharap rombongan yang terdiri dari para pengusaha yang memiliki banyak jaringan di seluruh Indonesia ini dapat kembali dan singgah lagi serta menginap di Bangka Barat untuk selanjutnya ikut membantu promosi wisata Bangka Barat," kata Ali.

Selama di Babel, rombongan IMC yang membawa 20 unit mobil dan satu bus akan menggelar agenda menjelajah ke berbagai daya tarik wisata.

Ali berharap kunjungan ini dapat memberi kesan baik bagi wisatawan sehingga mereka akan berkunjung kembali ke Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka Barat dan mampu membantu membangkitkan pariwisata di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021