Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan bahan pangan pokok sambil menyosialisasikan dan mengajak masyarakat ikut menyukseskan program vaksinasi COVID-19.

"Ikut vaksinasi penting dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mengalami dampak berat saat tertular COVID-19. Upaya ini kami lakukan juga sebagai bentuk dukungan menyukseskan program pemerintah membentuk kekebalan kelompok atau 'herd immunity'," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok, Minggu.

Ia menjelaskan, bantuan sembako atau bahan pangan pokok kepada warga yang terdampak selama ini terus dilakukan sebagai bentuk kepedulian dalam meringankan beban warga memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa pandemi COVID-19.

"Hari ini kami bersama Satuan Binmas menyalurkan sebanyak 25 paket bahan pokok ke warga membutuhkan di Kecamatan Mentok, semoga bermanfaat," katanya.

Bantuan paket bahan pangan pokok disalurkan kepada warga yang sebelumnya sudah didata oleh para Bhabinkamtibmas bersama petugas kelurahan untuk memastikan calon penerima benar-benar butuh bantuan dan menghindari terjadinya bantuan ganda.

Bantuan disalurkan dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga penerima untuk menghindari kerumunan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.

"Saat bertemu langsung dengan warga ini kita sampaikan ajakan untuk ikut vaksinasi COVID-19 di gerai-gerai terdekat atau ke unit pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan," katanya.

Pada kesempatan terjun langsung ke warga tersebut juga dimanfaatkan untuk melakukan pendataan warga yang mengalami kesulitan akses mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19, misalnya para warga lanjut usia yang terkendala akses menuju gerai vaksin karena tidak ada kendaraan, tidak ada keluarga yang mengantar atau berkebutuhan khusus.

"Bagi para warga lanjut usia atau kelompok warga berkebutuhan khusus juga akan kami fasilitasi dengan jemput antar agar mereka bisa mendapat pelayanan vaksinasi," demikian Agus Siswanto.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021