Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat kasus aktif COVID-19 di daerah itu tersisa 37 orang yang tersebar di tujuh dari delapan kecamatan.

"Sampai hari ini kasus aktif tersisa 37 orang, semuanya masih menjalani proses perawatan kesehatan, baik di rumah sakit rujukan, isolasi terpadu maupun di balai karantina yang disediakan pemerintah daerah," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Jumat.

Puluhan kasus aktif tersebut, kata dia, berasal dari Kecamatan Belinyu dan Mendo Barat, masing-masing satu kasus, Merawang dua kasus dan Pemali tiga kasus.

Selanjutnya di Kecamatan Puding Besar terdapat dua kasus aktif, Riau Silip enam orang serta di Kecamatan Sungailiat yang merupakan kota induk terdapat 22 kasus aktif, sedangkan di Kecamatan Bakam tidak ditemukan kasus aktif.

Berdasarkan data perkembangan kasus COVID-19 Kabupaten Bangka, total kasus sebanyak 9.774 orang, 9.378 orang dinyatakan sembuh, 359 pasien meninggal dunia serta terdapat 590 warga masih menunggu hasil uji PCR dari laboratorium daerah.

"Kasus aktif yang tercatat sebanyak 37 orang tersebut mengalami penurunan dibandingkan kemarin Kamis (21/10) yang mencapai 40 orang," ujarnya.

Menurutnya, sebaran virus corona jenis baru di Kabupaten Bangka terus melandai karena keberhasilan pemerintah daerah dalam melakukan pencegahan melalui optimalisasi layanan vaksinasi serta tingkat kesadaran menerapkan protokol kesehatan masyarakat.

Terdata layanan vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Bangka sudah mencapai 51,5 persen atau 131.403 orang dari total sasaran 255.161 orang, sedangkan vaksin dosis kedua 31,6 persen atau 80.625 orang dari total sasaran yang sama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021