Badan Intelejin Negara (BIN) Daerah Provinsi Bangka Belitung (Babel) membuka layanan vaksinasi pelajar atau peserta didik tingkat SMA sederajat di Kabupaten Bangka sebagai upaya mendukung pemerintah mempercepat realisasi cakupan vaksinasi.

Kepala BIN Daerah Bangka Belitung, Imam Santoso di Sungailiat, Selasa mengatakan, layanan vaksinasi dengan sasaran usia wajib vaksin tingkat pelajar SMA sederajat untuk terciptanya kekebalan komunal pada kelompok sehingga mampu menghindari infeksi severe acute respiratory syndrome coronavirus" 2 (SARS-CoV-2).

"Layanan vaksinasi tingkat pelajar SMA di Kabupaten Bangka kami targetkan sebanyak 500 sasaran dengan 2.000 vaksin jenis sinovac yang disediakan," jelasnya.

Dikatakan, total vaksin yang disediakan pihaknya mencapai 5.000 dosis untuk disalurkan bagi peserta maupun masyarakat umum yang belum mendapat layanan vaksinasi.

"Saya ingatkan seluruh masyarakat disemua kelompok usia wajib vaksin untuk bersedia divaksin sebagai langkah meningkatkan kekebalan tubuh mencegah terinfeksinya virus jenis baru corona," katanya.

Gerai vaksin yang disediakan BIN Daerah Bangka Belitung untuk wilayah Kabupaten Bangka di pusatkan di SMA Setia Budi Sungailiat, kegiatan yang sama juga dilakukan di daerah lain dalam wilayah provinsi itu.

Selain harus divaksin kata dia, penerapan protokol kesehatan harus tetap dijaga oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali sebagai cara efektif mencegah dan memutus sebaran COVID-19.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan BIN Daerah Bangka Belitung sebagai wujud sinergitas antar lembaga dalam percepatan layanan vaksinasi.

"Saya mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan BIN, penguatan sinergitas antar lembaga dalam layanan vaksinasi akan mempercepat realisasi cakupan target sasaran minimal 70 persen dari 255.161 sasaran hingga akhir 2021," katanya.

Realisasi vaksin pertama di Kabupaten Bangka sampai hari ini berdasarkan data mencapai 54,05 persen atau 137.917 orang dari target 255.161 sasaran dan vaksin kedua sebanyak 87.556 orang atau 34,31 persen.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021