Pangkalpinang (Antara Babel) - Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung melatih sebanyak 60 pencari kerja untuk meningkatkan keahlian mereka agar mampu membuka usaha sendiri.

"Para peserta dilatih selama 24 hari oleh instruktur profesional di bidangnya," ujar Kepala Dinsosnaker Kota Pangkalpinang, Mikron Antariksa, Kamis.

Ia menyebutkan, ada tiga bidang latihan yang diberikan yakni tata rias, menjahit dan instalasi penerangan, dimana masing-masing bidang diikuti 20 orang.

"Selama 24 hari sejak 12 Mei hingga 11 Juni mendatang ke-60 pencaker ini akan mengikuti pelatihan keterampilan ini," katanya.

Menurut dia, para pencaker peserta pelatihan sudah melalui proses seleksi, dimana jumlah tersebut berdasarkan kebutuhan dari masyarakat dan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

"Setelah dilatih mereka juga akan diberikan sertifikat berdasarkan hasil pelatihan," ujarnya.

Dia berharap para peserta dapat mengikutinya dengan sebaik mungkin sehingga bermanfaat ke depannya.

Sementara instruktur instalasi listrik, Samsudin mengatakan dirinya akan mengajarkan semua ilmu yang dimilikinya kepada para peserta dengan harapan mereka memiliki keahlian.

"Harapan kami mereka mampu memasang, merencanakan dan memperbaiki instalasi penerangan. Sejauh ini tidak ada kendala, peralatan sudah cukup, penguasaan mereka pun cukup baik," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015