Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memfasilitasi nelayan untuk bisa mendapatkan bantuan permodalan melalui dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Kita siap menjembatani pinjaman modal melalui KUR di lembaga perbankan, untuk pengembangan usaha para nelayan," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Bupati mengatakan, bantuan permodalan melalui KUR tentu saja untuk mewujudkan kemandirian usaha para nelayan.

"Tetapi dana KUR benar-benar dimanfaatkan untuk pengembangan usaha, bukan untuk keperluan lain," katanya.

Menurut bupati, sektor kelautan terutama nelayan merupakan salah satu bagian penting dalam meningkatkan kesejahteraan di saat pandemi.

"Kita mendorong nelayan untuk mempertahankan dan meningkatkan produktivitas hasil perikanan disertai dengan terjalinnya kemitraan usaha nelayan kecil yang merupakan salah satu bentuk dari ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Selain fasilitasi bantuan pendanaan dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah juga melakukan penguatan terhadap peran kelembagaan nelayan, fasilitas kemitraan usaha untuk memasarkan hasil tangkapan serta pemberian asuransi nelayan gratis.

"Sektor perikanan tangkap memiliki banyak potensi yang bisa dikelola melalui jalinan kemitraan usaha. Para nelayan dapat mengambil peluang ini dalam upaya pengembangan usaha perikanan tangkap," jelasnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021