Kepolisian resor Bangka Provinsi Bangka Belitung menyiapkan personel di satuan Sabhara dan Polair untuk terlibat melakukan pencegahan dan penanganan potensi terjadinya bencana alam.

"Kami menyiapkan personel Sabhara dan Polair didukung dengan satuan dimasing-masing sektor melakukan pencegahan dan penanganan jika terjadi bencana alam," kata Kapolres Bangka AKBP Widi Haryawan di Sungailiat, Minggu.

Memastikan kesiapan personel polisi di satuan tersebut kata dia, pihaknya sudah melakukan pengecekan langsung kelengkapan sarana pendukung.

"Semua personel yang disiapkan stand by baik di satuan Sabhara maupun di satuan Polair akan bergabung dengan personel di polsek atau dilihat dari skala lokasinya," jelas kapolres.

Selain memperkuat kesiapan internal di satuan polres kata Widi Haryawan, pihaknya juga memperkuat sinergitas dengan lembaga lainnya di daerah seperti Basarnas, BPBD, relawan serta masyarakat.

"Kami juga memaksimalkan peran bhabinkamtibas di seluruh wilayah desa untuk mengintensifkan pengawasan serta pembinaan serta koordinasi dengan perangkat desa setempat," jelasnya.

Kapolres mengingatkan seluruh masyarakat terutama warga yang berada di kawasan rawan bencana untuk berperan aktif melakukan pencegahan bencana banjir seperti menjaga kebersihan lingkungan atau saluran air dari tumpukan sampah.

Begitu pula halnya kelompok masyarakat di daerah rawan bencana lainnya agar tetap meningkatkan kewaspadaan mengingat bencana alam dapat terjadi kapan saja.

"Saya minta seluruh lapisan masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing serta segera melapor ke kepolisian terdekat jika mengetahui adanya ancaman gangguan keamanan," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021