Dua desa di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil menuntaskan program vaksinasi COVID-19 untuk seluruh warga yang memenuhi syarat.

"Kami harapkan prestasi yang sudah diraih dua desa, yaitu Sinar Manik, Kecamatan Jebus, dan Tebing, Kelapa, ini bisa dicontoh desa-desa lainnya sehingga upaya membentuk kekebalan kelompok atau 'herd immunity' di daerah ini," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok, Sabtu.

Dengan prestasi 100 persen vaksinasi yang berhasil diwujudkan dua desa tersebut, Polres bersama Pemkab Bangka Barat memberikan penghargaan khusus kepada Kapolsek, Bhabinkamtibmas, dan seluruh tim yang terlibat dalam upaya itu.

"Kami akan terus menggencarkan edukasi dan sosialisasi agar Bangka Barat semakin cepat mewujudkan kekebalan komunal sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal dan perekonomian semakin membaik," katanya.

Penyerahan sertifikat penghargaan dan bantuan suplemen dilakukan Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di lapangan sepak bola Mutiara Kundi Utara, Kecamatan Simpangteritip.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Bong Ming Ming mengatakan saat ini Bangka Barat masih di level 2 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dan terus diupayakan agar menuju level 1.

"Tentunya pencapaian ini adalah hasil kerja keras kita bersama dan masih harus terus menerus berjuang menuju level 1 serta bebas dari pandemi COVID-19," ujar Bong Ming Ming.

Untuk menuju ke target tersebut, selain penguatan 3T dan penerapan protokol kesehatan 5M, upaya penanganan dan penanggulangan COVID-19 juga perlu didukung dengan percepatan vaksinasi.

"Kami mengajak masyarakat proaktif, datangi gerai-gerai serbuan vaksinasi COVID-19 terdekat dan secara sukarela ikut vaksin," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021