Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menurunkan level  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level tiga ke level dua di daerah itu.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Selasa mengatakan, penurunan PPKM di daerahnya dari level tiga ke dua diperkuat Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 58 tahun 2021.

Dia mengatakan, menurunnya angka sebaran kasus COVID-19 dan meningkatkan realisasi cakupan vaksin pada semua kelompok usia wajib vaksin baik dosis pertama dan kedua menjadi indikator diturunkannya level PPKM dari tiga ke dua.

Terdata capaian sasaran vaksin dosis pertama disemua kelompok mencapai 59,1 persen atau 150.806 orang dari total target 255.161 orang dan vaksin kedua 43,51 persen atau sebanyak 111.009 orang serta dosis ketiga (Booster) untuk SDM kesehatan terealisasi 88,76 persen atau 2.685 orang dari sasaran 3.025 orang.

Sedangkan perkembangan kumulatif kasus COVID-19 sampai dengan hari ini tercatat 9.809 orang, 9.421 sembuh dan 362 orang meninggal dunia serta kasus aktif yang tersisa 26 orang.

"Saya ingatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali agar tetap meningkatkan penerapan prokes serta segera mendapatkan layanan vaksin bagi warga yang belum di vaksin disemua kelompok usia wajib vaksin," jelasnya.

Boy Yandra mengatakan, pemerintah daerah bersama TNI, Polri, parpol dan sejumlah organisasi masyarakat memaksimalkan layanan vaksin dengan membuka puluhan gerai vaksin sampai kepelosok desa.

"Pihak kepolisian dibantu lembaga lain secara intensif mengoptimalkan operasi yustisi dibeberapa tempat atau di area umum yang banyak dikunjungi masyarakat," katanya.

Upaya pencegahan sebaran COVID-19 dan layanan vaksinasi setiap hari kata dia, sebagai upaya mempercepat capaian cakupan target vaksin minimal 70 persen hingga akhir 2021.

"Saya optimis wilayah Kabupaten Bangka yang terdiri dari delapan kecamatan dan 62 desa akan segera kembali ke zona aman dari sebaran COVID-19, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali normal," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021