Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mewajibkan masyarakat dan wisatawan mengikuti buku panduan protokol kesehatan (prokes) selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022, guna mencegah lonjakan penularan COVID-19 gelombang ke-3 di daerah itu.

"Buku ini sangat penting, untuk mencegah terjadinya lonjakan penularan kembali COVID-19," kata Sekretaris Satgas COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini pemerintah telah menerbitkan buku saku panduan aktivitas masyarakat yang pada intinya bagaimana penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

"Kami hanya meneruskan dan menyosialisasikan kepada masyarakat ataupun orang yang akan berpergian ke luar daerah untuk merayakan Nataru ini," katanya.

Menurut dia apabila masyarakat mentaati buku panduan dan lebih disiplin menjalan prokes ini, maka penularan COVID-19 gelombang ke-3 ini dapat dicegah khususnya selama Nataru tahun ini.

"Apabila kita mentaati dengan baik dan benar, tentunya akan memberikan efek kepada kita untuk terhindar dari COVID-19 ini," katanya.

Ia menyatakan saat ini kasus harian COVID-19 di Provinsi Kepulauan Babel sudah mengalami penurunan yang drastis, karena kesadaran masyarakat untuk mematuhi prokes dan mengikuti vaksinasi yang tinggi.

Berdasarkan data terbaru, kasus orang terpapar COVID-19 bertambah 5 tersebar di Bangka Tengah 3, Pangkalpinang 1 dan Belitung Timur 1 orang.

Demikian juga, pasien sembuh pasien sembuh bertambah 20 orang tersebar di Pangkalpinang 8, Bangka 6, Bangka Tengah 3, Bangka Barat 2 dan Belitung 1 orang.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan prokes selama liburan Nataru ini, agar tidak terjadi lonjakan kasus pasca-liburan Natal dan tahun baru ini," demikian Mikron Antariksa.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021