Koba (Antara Babel) - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meninjau Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, Selasa, untuk melihat lebih dekat persiapan rumah sakit yang baru saja naik status menjadi tipe C itu.

Menkes mengunjungi sejumlah ruangan yang terdapat di RSUD Bangka Tengah dan menyapa sejumlah pasien dan keluarga pasien.

Nila F Moeloek meninjau ruangan administrasi, tempat pendaftaran pasien BPJS, ruang bedah, ruang inap semua kelas dan ruang khusus pasien yang mengalami gangguan kesehatan mata.

"Secara umum kondisi rumah sakit ini sudah cukup memadai, hanya ada beberapa saja yang mesti ditingkatkan secara bertahap," ujarnya di sela-sela kunjungan kerja.

Ia mendukung adanya upaya pemerintah daerah setempat membangun ruangan bedah dan menambah jumlah dokter karena penting untuk memberikan pelayanan optimal kepada pasien.

"Tadi saya juga mendengar ada upaya RSUD Bangka Tengah diupayakan menjadi tipe B, tentu itu bagus sepanjang memenuhi standar yang sudah ditetapkan," ujarnya.

Namun demikian, Menkes menyarankan regulasi kesehatan di Bangka Belitung harus diatur dengan baik sehingga pasien terlayani dengan baik.

"Bangka Belitung sebagai daerah kepulauan tentu harus diakui akses kesehatannya sedikit lebih sulit, maka regulasinya harus diatur dengan baik," ujarnya.

Ia tidak menginginkan rumah sakit tipe A berdampingan dengan rumah sakit regional karena membuat pelayanan kesehatan tidak merata.

"Kami mengharapkan kendati Babel daerah kepulauan, tetapi semua masyarakat terjangkau layanan kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015