Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperkuat koordinasi lintas sektoral untuk mengantisipasi bencana alam.

"Musim hujan saat ini berpotensi terjadi bencana alam, baik banjir maupun angin puting beliung dan fenomena alam La Nina," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman usai menggelar apel gabungan bersama TNI dan Polri untuk kesiagaan bencana di Koba, Senin.

Ia menjelaskan bencana alam tidak bisa diprediksi kapan terjadi sehingga antisipasi perlu dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban.

"Kemungkinan terjadinya bencana alam di fenomena La Nina tentu ada, untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadi bencana alam tersebut," ujarnya.

Menurut dia, penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah.

"Namun demikian masyarakatlah sebagai garda terdepan jika terjadi bencana, maka perlu ditingkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana," ujarnya.

Ia mengatakan apel gabungan bencana bersama instansi terkait merupakan wujud nyata sinergi kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana.

"Masyarakat juga selalu diimbau untuk melakukan antisipasi dini terhadap potensi terjadinya bencana alam," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021