Bupati Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahani Saleh optimistis dengan dibukanya jalur penyeberangan perintis rute Pelabuhan Tanjung Ru menuju Pelabuhan Tanjung Nyato di Desa Petaling, Selat Nasik mampu meningkatkan sektor kepariwisataan daerahnya.

"Dengan dibukanya penyeberangan perintis rute Pelabuhan Tanjung Ru menuju Pelabuhan Tanjung Nyato di Desa Petaling, Selat Nasik menjadi daya minat wisatawan untuk mengunjungi pulau tersebut karena akses jangkauannya cukup mudah," katanya di Belitung, Jumat.

Dikatakan, pulau Belitung yang memiliki kekayaan alam wisata yang mudah dijangkau wisatawan baik melalui jalur transfortasi air dan udara bahkan bandara Has Hanandjoedin Kabupaten Belitung membuka penerbangan internasional.

"Penerbangan internasional yang melayani rute ke Singapura dan Malaysia, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ubaidilah mengatakan Pelabuhan Tanjung Nyato pintu gerbang menuju Kecamatan Selat Nasik yang telah ditetapkan sebagai Kawasan Pedesaan Prioritas Nasional (KPPN) oleh pemerintah pusat.

"Saya ini masih dalam pengurusan izin di Kementerian Perhubungan dan diharapkan dalam waktu dekat izin jalur penyeberangan tersebut dapat segera terbit," jelasnya.

Menurut dia, jalur penyeberangan perintis itu nantinya akan dilayani oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) selaku BUMN dengan mengoperasikan KMP Gorare ukuran 236 gross ton.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021