Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meresmikan Rumah Tumbuh Kembang Anak (RTKA) guna memberikan pelayanan psikologis dan terapis anak disabilitas di daerah itu.

"Alhamdulillah PT Timah Tbk dan Bank Mandiri mendukung pembangunan RTKA ini," kata Ketua Umum YPAC Pangkalpinang Andi Fikri di Pangkalpinang Jumat.

Ia mengatakan peresmian Rumah Tumbuh Kembang Anak YPAC Pangkalpinang sebagai rangkaian Peringatan Hari Disabilitas Internasional dan cikal bakal klinik terapi bagi anak-anak disabilitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang.

"Hari ini kita mendapat dukungan dari Bank Mandiri berupa alat-alat terapi dalam mengoptimalkan layanan RTKA ini," katanya.

Selain bantuan alat-alat terapi ini, Bank Mandiri juga memberikan bantuan pembangunan sumur bor untuk kebutuhan air bersih YPAC Pangkalpinang.

"Selama ini, kita cukup kesulitan mendapatkan air bersih, karena belum adanya sumur bor atau fasilitas air bersih di yayasan ini," ujarnya.

Sebelum pembentukan RTKA, YPAC Pangkalpinang telah melakukan kunjungan kerja ke YPAC Malang, Provinsi Jawa Timur untuk melihat langsung pelayanan dan pengelolaan RTKA di tempat tersebut.

"YPAC Malang ini memiliki klinik terapi yang tidak ada di daerah manapun di Indonesia, sehingga orang-orang pergi ke Malang untuk melakukan terapi dan merupakan sumber penghasilan untuk menutupi biaya kegiatan serta operasional YPAC Malang ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021