Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan warga yang sembuh dari infeksi COVID-19 di daerah itu mencapai 6.424 orang dari total 6.616 warga setempat yang terkonfirmasi positif virus corona jenis baru tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah dr Anas di Koba, Sabtu mengatakan hingga saat ini tercatat sebanyak 10 orang yang masih positif terpapar virus (kasus aktif) dan pasien yang dinyatakan meninggal dunia selama pandemi sebanyak 180 orang.

"Kami sangat konsentrasi menangani kasus virus corona jenis baru dengan terus melakukan vaksinasi, sosialisasi protokol kesehatan dan menyiapkan semua alat medis yang memadai," ujarnya.

Hingga saat ini, kata dia, program vaksinasi sudah terlaksana 70 persen dari total 150 ribu warga yang menjadi sasaran vaksinasi.

Berdasarkan data sebaran kasus COVID-19, kata dia, tercatat empat kecamatan dinyatakan rawan, yaitu Pangkalanbaru, Namang, Koba dan Kecamatan Simpangkatis, dengan tingkat temuan kasus lebih tinggi.

Anas menjelaskan penyebaran kasus virus corona jenis baru terendah tercatat di Kecamatan Lubuk Besar dan Sungaiselan.

Data tabulasi juga mencatat usia warga rentan terpapar virus corona jenis baru adalah 55 hingga 69 tahun.

Anas mengimbau masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China, itu.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021