Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan mengelar bazar berbagai produk hasil olahan perikanan untuk meningkatkan usaha kecil pengolahan perikanan di daerah itu.

"Kegiatan bazar ini akan digelar pada Rabu (8/7) hingga Kamis (9/7) di halaman Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Babel," kata Kabid Bina Usaha dan Pemasaran DKP Kepulauan Babel Harun di Pangkalpinang, Kamis.

Pada kegiatan bazar nanti, kata dia, berbagai produk makanan olahan berbahan baku ikan seperti kerupuk kemplang, rusip, terasi, kretek, kripik cumi dan lainnya akan dijual dengan harga terjangkau atau lebih rendah dari harga pasaran.

"Kami hanya membantu dan menfasilitasi perajin untuk memasarkan produk kepada masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan peserta bazar tahun kedua ini sekitar 30 orang perajin atau lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya diikuti 15 orang perajin.

"Kami sudah mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas serta menyebarkan undangan kepada pemerintah kabupaten/kota dan perajin untuk dapat mengikuti bazar produk hasil perikanan ini," ujarnya.

Menurut dia kegiatan bazar ini digelar pada minggu ketiga bulan puasa agar masyarakat mudah mendapatkan berbagai produk makanan khas daerah ini.

"Biasanya menjelang lebaran Idul Fitri, permintaan berbagai makanan olahan perikanan ini tinggi. Bagi masyarakat yang akan mudik lebaran akan membeli berbagai makanan khas daerah ini untuk buah tangan," ujarnya.

Tidak hanya itu, permintaan berbagai produk makanan berbahan baku ikan ini juga berasal dari masyarakat lokal untuk makanan lebaran nanti.

"Kami berharap masyarakat untuk datang ke bazar nanti, karena harga makanan yang ditawarkan lebih terjangkau, sehingga akan membantu keuangan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan makanan menyambut lebaran nanti," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015