Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengencarkan layanan vaksinasi sampai kepelosok desa di wilayah itu termasuk langsung dari rumah ke rumah "door to door".

Kabinda Babel Imam Santoso melalui keterangan resmi, Selasa mengatakan vaksinasi secara "door to door" untuk mempercepat layanan vaksin terutama bagi masyarakat yang enggan datang ke gerai vaksinasi karena kondisi cuaca maupun akses yang sulit.

"Tim kami telah menggelar vaksinasi secara "door to door" karena kendala kondisi wilayah yang sering hujan lebat dan akses yang sulit dijangkau," katanya.

Ia menerangkan, meskipun kondisi cuaca tidak menentu akibat dampak La Nina, namun target vaksinasi secara nasional sebesar 70 persen pada akhir Desember 2021 perlu segera dicapai.

"Kegiatan vaksinasi door to door merupakan bentuk komitmen Binda Babel dalam upaya membantu capaian target vaksinasi secara nasional maupun melayani masyarakat untuk mendapatkan vaksin," ujarnya.

Imam mengatakan, semakin banyak warga yang telah mengikuti program vaksinasi, maka kekebalan komunal di lingkungan masyarakat juga akan cepat terbentuk.

"Prediksi gelombang ketiga menjelang Nataru dan varian baru COVID-19 merupakan ancaman nyata sehingga Binda Babel menggelar kegiatan vaksinasi dan sosialisasi untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunal bagi masyarakat," katanya.

Pelaksanaan vaksinasi yang hari ini dilaksanakan kata dia, di Desa Mangka Kecamatan Bakam berkerjasama dengan dinas kesehatan dan kepolisian sektor setempat.

Warga yang menerima layanan vaksin mendapat bantuan paket sembako guna membantu pemenuhan kebutuhan pangan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021