Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menargetkan 22.846 anak usia enam hingga 12 tahun segera mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Hari ini sudah kita mulai dengan memberikan suntikan vaksin perdana kepada anak-anak di SD Negeri 3 Mentok. Kami berharap serbuan vaksinasi ini bisa terus berjalan sesuai rencana," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Jumat.

Ia menjelaskan, pencapaian vaksinasi di daerah itu akan terus dikejar untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kekebalan komunal, sekaligus mengurangi risiko gejala berat saat tertular virus tersebut.

"Saat ini sudah beredar lagi varian baru, Omicron, ini harus kita antisipasi," katanya.

Selain mendapatkan pelayanan vaksinasi, Sukirman juga mengajak warga untuk bersama-sama meningkatkan disiplin protokol kesehatan 6M.

Pada peninjauan pelaksanaan vaksinasi perdana kelompok anak-anak tersebut, Sukirman memberikan apresiasi kepada para orang tua murid yang antusias mendampingi anak-anaknya mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

"Mudah-mudahan kesadaran para orang tua semakin meningkat dan mau membawa anak-anak ke gerai vaksinasi yang sudah disiapkan. Untuk saat ini para warga lanjut usia juga sudah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19," katanya.

Menurut dia, vaksinasi penting dilakukan untuk menumbuhkan kekebalan tubuh masing-masing, sekaligus membentuk kekebalan komunal.

"Jadi kami mengajak, bukan hanya sembarang ajak, tapi vaksin ini benar-benar bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan kelompok," katanya.

Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto menjelaskan pihaknya akan terus mendukung upaya percepatan vaksinasi COVID-19 di daerah itu, salah satunya kegiatan vaksinasi dosis pertama untuk anak-anak yang digelar di SD Negeri 3 Mentok.

"Kegiatan vaksinasi untuk anak-anak ini menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat guna percepatan vaksinasi nasional," kata Agus Siswanto.

Ia mengimbau warga mematuhi protokol kesehatan dan selama mengantre pada pelaksanaan vaksinasi tetap wajib mematuhi protokol kesehatan.

"Ajak anak-anak ikut vaksin, tidak perlu takut," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021