Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong para anggota Pramuka menjadi agen pembangunan agar bisa bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus memajukan daerah.

"Sebagai langkah awal, kami mengajak seluruh gugus depan yang ada di Kota Pangkalpinang mulai aktif menggelar berbagai kegiatan keorganisasian dan kegiatan kepramukaan di wilayah masing-masing," kata Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil di Pangkalpinang, Jumat.

Dalam dua tahun terakhir, katanya, kepengurusan kwartir cabang tidak berjalan maksimal karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, namun diharapkan mulai tahun depan sudah bisa bekerja lagi sesuai tugas, fungsi dan perencanaan kegiatan yang sudah disusun.

"Pramuka di Pangkalpinang sudah lama tertidur akibat pandemi COVID-19 dan semoga tahun depan menjadi normal, sehingga seluruh kegiatan dapat berjalan secara maksimal," katanya.

Kepada seluruh kepala sekolah yang juga menjadi pengurus Pramuka juga diajak untuk aktif sehingga kegiatan kepramukaan di setiap sekolah kembali bergairah dan bisa memberi bekal keterampilan dan budi pekerti yang baik untuk para anggotanya.

"Kami juga mengharapkan masukan dari para pengurus pramuka di sekolah-sekolah, aspirasi, kritikan dan masukan penting disampaikan melalui jalur yang benar, agar ke depan Pramuka di Pangkalpinang semakin baik," katanya.

Maulan mengingatkan, wali kota tidak bisa memimpin Kota Pangkalpinang menjadi lebih baik jika yang dilakukan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Untuk itu, pemkot membutuhkan masukan, kritik dan saran agar bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam perencanaan gerak pembangunan daerah.

Guna mendukung upaya percepatan pembangunan di daerah itu, Pramuka memiliki peran strategis dan seluruh anggota yang tersebar di seluruh kecamatan, kelurahan dan sekolah-sekolah bisa membantu menjadi agen pembangunan di wilayah tempat tinggal masing-masing.

Dengan bekal yang didapat dari kegiatan kepramukaan diharapkan generasi muda bisa menerjemahkan keunggulan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021