Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah meminta warga menaati protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah penularan COVID-19 saat menghadiri acara perayaan pada malam tahun baru.

"Kami mengimbau masyarakat tidak terlalu euforia dalam merayakan malam tahun baru ini," kata Abdul Fatah di Pangkalpinang, Jumat.

Dia mengingatkan warga untuk menghindari kerumunan yang bisa meningkatkan risiko penularan COVID-19.

"Kita berupaya menimalisasi kegiatan-kegiatan dan interaksi masyarakat dalam merayakan malam tahun baru ini dengan meniadakan pesta kembang api, memperketat penerapan prokes," katanya.

Wakil Gubernur mengatakan bahwa pemerintah provinsi juga menggiatkan pelayanan vaksinasi COVID-19 guna menekan risiko penularan penyakit tersebut.

"Saat ini satgas khusus vaksin tengah bekerja keras untuk memberikan pelayanan vaksinasi COVID-19 ke masyarakat, khususnya di daerah-daerah terpencil," kata dia.

Sekretaris Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa menekankan bahwa pemerintah telah melarang penyelenggaraan acara perayaan yang menghadirkan banyak orang pada malam tahun baru guna mencegah terjadinya lonjakan penularan COVID-19.

"Perayaan malam baru ini dilakukan sederhana dan dengan famili terdekat saja agar tidak terjadi klaster COVID-19 baru," katanya. 

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021