Sebanyak 4.625 anak usia enam sampai 11 tahun di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka telah memperoleh vaksin COVID-19 dosis pertama yang tersebar di delapan kecamatan.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Kamis mengatakan, sebanyak 4.625 anak yang sudah memperoleh vaksin pertama tersebut telah mencapai 14,23 persen dari total sasaran 32.506 anak.

Sementara untuk dosis kedua pada kelompok anak itu relatif masih rendah capaiannya yakni baru sebanyak delapan anak atau 0,02 persen. Rendahnya capaian dosis kedua karena belum waktunya masa pemberian vaksin setelah dosis pertama.

"Layanan vaksinasi bagi anak masih terus dilakukan di gerai layanan meskipun vaksinasi massal anak baru dilakukan saat jadwal masuk sekolah," jelasnya.

Dia menyarankan orang tua yang memiliki anak usia wajib vaksin hendaknya segera diajak ke gerai terdekat, vaksin jenis sinovac cukup aman untuk anak-anak dan dinyatakan halal.

Pemberian vaksin bagi anak usia enam sampai 12 tahun ini bertujuan melindungi mereka dari paparan COVID-19 dan memberikan keamanan saat melaksanakan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Sedangkan capaian vaksinasi dosis pertama untuk kelompok umum seperti, remaja, lansia, petugas publik dan tenaga kesehatan, tercatat sudah mencapai 75,7 persen atau 193.152 orang dari 255.161 sasaran dan dosis kedua 57,66 persen atau 147.119 orang.

"Pemerintah daerah bersama TNI, Polri dan Binda Bangka Belitung masih terus memaksimalkan layanan vaksinasi sampai ke pelosok desa dengan membuka puluhan gerai vaksin," katanya.

Gerai vaksin dibuka baik di pusat kesehatan masyarakat atau sengaja dibuka yang dekat langsung dengan masyarakat guna mudah dijangkau, seperti gerai vaksin di rumah ketua RT atau tempat lainnya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022