Realisasi sementara vaksin dosis pertama pada anak usia enam sampai 11 tahun di Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai 34,87 persen atau 11.334 anak dari total sasaran 32.506 anak.

"Sampai hari ini angka realisasi kelompok anak usia wajib vaksin sudah mencapai 34,87 persen tersebar disejumlah wilayah kecamatan," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Rabu.

Dia mengatakan, angka itu masih akan mengalami peningkatan sampai target sasaran tercapai dengan membuka puluhan gerai vaksin hingga kepelosok desa.

"Vaksin sinovac yang dipergunakan untuk kelompok anak dengan mempertimbangkan efek samping yang rendah dibandingkan jenis vaksin COVID-19yang lain," kata Boy Yandra.

Dia menyarankan keseluruh orang tua jika terdapat anaknya mengalami gangguan kesehatan setelah di vaksin seperti demam, hendaknya segera dibawa ke pusat layanan kesehatan terdekat.

"Mudah-mudahan anak yang disuntik divaksin tidak mengalami gangguan kesehatan, dan kalaupun ada yang mengalami efek samping agar orang tuanya segera membawa ke puskesmas terdekat," katanya.

Untuk memaksimalkan capai vaksin pada kelompok anak, kata Boy Yandra akan digelar vaksin serentak sekitar tanggal 12 sampai 19 Januari 2022.

"Orang tua yang mempunyai anak usia wajib vaksin agar membawa anaknya di gerai vaksin, pemberian vaksin anak diperuntukan melindungi mereka dari paparan COVID-19," ujarnya.

Sementara vaksin dosis pertama disemua kelompok kecuali pada kelompok anak sudah  tercapai 76,52 persen atau 195.246 orang dari sasaran 255.161 orang, dan dosis kedua 58,10 persen atau 148.237 orang dari total sasaran yang sama dosis pertama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022