Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat realisasi vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun di daerah itu telah mencapai 9.009 orang dari 16.434 sasaran atau sebesar 54,82 persen.

"Sampai dengan Sabtu (14/1) kemarin realisasi vaksinasi anak usia 6-11 telah mencapai 54,82 persen," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Minggu.

Dinkes Belitung mengapresiasi para orang tua  yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya pemberian vaksin bagi anak usia 6-11 tahun guna terhindar dari penularan COVID-19.

"Peran para orang tua sangat penting dalam membantu suksesnya program vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun," ujarnya.

Kelompok anak usia 6-11 merupakan kategori yang juga rentan dan tidak bisa dikecualikan dari ancaman penularan COVID-19 terutama dari orang di sekitarnya.

"Maka dari itu vaksinasi bagi anak 6-11 tahun penting dilakukan untuk membentuk antibodi mereka dari penularan COVID-19," katanya.

Dinkes Belitung menargetkan pelaksanaan vaksinasi bagi 16.434 anak usia 6-11 tahun di daerah itu selesai pada akhir Januari.

"Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun di daerah itu dilaksanakan secara langsung di sekolah-sekolah dan fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia," ujarnya.

Ia mengimbau, kepada para orang tua yang anaknya belum divaksin COVID-19 agar segera mengikuti pelaksanaan vaksinasi.

"Para orang tua tidak perlu khawatir dengan pelaksanaan vaksinasi karena semuanya telah melewati uji klinis dan MUI telah memfatwakan bahwa vaksin Sinovac suci dan halal untuk digunakan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022