Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan kabupaten/kota se-Babel nihil penambahan kasus harian COVID-19. 

"Hari ini hanya ada satu orang sembuh dari COVID-19, sehingga orang terpapar virus corona yang menjalani isolasi berkurang menjadi 11 orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan sebanyak 11 pasien COVID-19 aktif yang menjalani isolasi tersebar di Bangka Tengah 5, Bangka Barat 5 dan Belitung Timur 1 orang. Sementara Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Selatan dan Belitung nihil pasien terpapar virus corona itu.

"Saat ini, sembilan dari 11 pasien COVID-19 menjalani isolasi mandiri, sementara sisanya dikarantina di rumah sakit rujukan," ujarnya.

Ia mengatakan kondisi isoter di Provinsi Kepulauan Babel 80 unit berkapasitas 966 tempat tidur nihil pasien COVID-19 tersebar di Kabupaten Bangka Barat 273, Belitung Timur 196, Belitung 163, Bangka 161, Bangka Selatan 90, Bangka Tengah 66 dan Kota Pangkalpinang 17 unit isoter.

"Kami tetap mengoperasikan isoter ini, meski tidak memiliki pasien COVID-19 yang dikarantina di isoter tersebut," ujarnya.

Ia berharap pasien COVID-19 menjalani isoman ini untuk beralih ke isoter, agar mereka mendapatkan pelayanan kesehatan untuk mempercepat kesembuhannya.

Selain itu, dengan menjalani isolasi di isoter ini juga memperkecil potensi penularan virus corona kepada anggota keluarga dan warga lingkungan sekitarnya.

"Kami terus mengajak warga terpapar COVID-19 ini untuk menjalani isolasi di isoter, guna menimalkan potensi lonjakan kasus COVID-19 ini," katanya. 


 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022