Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Universitas PGRI Palembang menjalin kerja sama bidang pendidikan dan program strategis lainnya.

"Kami berharap kerja sama ini bisa menguntungkan pemerintah daerah, masyarakat dan perguruan tinggi PGRI sehingga ke depan pembangunan sumber daya manusia akan semakin baik," kata Bupati Bangka Barat Sukirman di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan seremonial penandatangan kesepakatan kerja sama antara Pemkab Bangka Barat dengan Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan sudah dilaksanakan, setelah sebelumnya disepakati beberapa rencana program kerja sama antara dua pihak.

"Melalui kerja sama ini kita berharap akan semakin mampu dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang dimiliki dengan prinsip saling menguntungkan," katanya.

Kerja sama antara pemerintah daerah dengan perguruan tinggi sudah sering dilakukan dan sesuai dengan aturan perundang-undangan, terutama dalam bidang kajian, pendidikan dan penelitian lapangan yang diharapkan hasilnya bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Penandatanganan kerja sama ini merupakan awal yang baik untuk langkah selanjutnya, sinergisitas antara pemkab dengan program pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat dalam membangun daerah serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara utuh dan menyeluruh," kata Sukirman.

Selanjutnya kedua belah pihak akan saling menciptakan kerja nyata, saling berbagi dan saling mengisi kekurangan baik itu dari segi sumber daya manusia, sistem dan metode lainnya dan kepada organisasi perangkat daerah yang terkait diminta responsif dalam menindaklanjuti kerja sama itu.

Ia optimistis melalui kerja sama tersebut akan dapat memberikan kontribusi berarti dalam pembangunan daerah khususnya dalam pembentukan karakter kepribadian masyarakat.

Rektor Universitas PGRI Palembang Bukman Lian mengatakan setelah adanya kerja sama tersebut nantinya jika ada anak Bangka Barat yang berprestasi namun tidak memiliki biaya untuk kuliah bisa ditampung di perguruan tinggi tersebut.

"Universitas PGRI akan menggratiskan biaya kuliah hingga lulus, 100 persen," ujarnya.

Universitas PGRI Palembang juga akan memberikan fasilitas berupa pendaftaran gratis ditambah potongan biaya kuliah sebesar 25 persen bagi mahasiswa dari Bangka Barat.

"Melalui kerja sama ini kami juga siap melakukan pendampingan terhadap berbagai program pembangunan di Bangka Barat, ini akan memberikan keuntungan bagi pemkab maupun perguruan tinggi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022