Toboali (Antara Babel) - Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dipadati massa pendukung bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung pada pemilihan kepala daerah secara serentak Desember 2015.

Pada hari kedua pendaftaran, Senin, dua pasang bakal calon bupati dan wakil bupati, yaitu Justiar Noer-Reza Herdavid dan  pasangan calon Rina Tarol-Djulaili Romli mendaftar ke KPUD Bangka Selatan.

Ratusan massa pendukung dua bakal calon tersebut, bersemangat memberikan motivasi dan dukungan yang berlangsung aman, tertib dan lancar.

Namun demikian, para pendukung mengeluhkan kondisi Kantor KPUD Bangka Selatan, debu yang bertebangan dihambus angin.

"Debu ini sangat mengganggu warga yang mendukung balon bupati dan wakil bupati pilihannya," kata seorang pendukung bakal calon Rina Tarol-Djulaili Romli, Dedi di Toboali.

Kondisi halaman KPUD yang berpasir, kata dia, mengakibatkan debu beterbangan sehingga mengganggu kenyamanan pendukung untuk memberikan dukungan kepada balon pilihannya.

"Sebaiknya panitia dari KPUD menyiram terlebih dahulu halaman ini sehingga dapat mengurangi debu," ujarnya.

Menurut dia, suasana yang tidak nyaman karena kesiapan KPUD tidak maksimal dalam pelaksanaan persiapan dan tahapan dalam Pilkada serentak ini.

"Kondisi ini dapat dijadikan tolak ukur KPU dalam mensukseskan pesta demokrasi ini, semoga kejadian ini bisa menjadi bahan evaluasi dalam menyambut tamu baik dari warga maupun dari para calon," katanya.

Demikian juga, Andi mengatakan, debu yang beterbangan karena tiupan angin kencang membuat udara dan lingkungan tidak sehat.

"Kalau disiram dengan air pagi tadi, angin ini dapat menjadikan suasana jadi sejuk dan pendukung lebih nyaman memberikan dukungan kepada bakal calon pilihannya," katanya mendukung balon bupati dan wakil bupati pasangan Justiar Noer-Reza Herdavid.

Pasangan bakal calon Justiar Noer dan Reza Herdavid diusung oleh Partai Demokrat dan PKS, sedangkan Rina Tarol dan Djulalili diusung oleh partai PDIP, PAN dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).  
    
Pada hari kedua pendaftaran tersebut, KPUD Bangka Selatan hanya menerima berkas pendaftaran balon pasangan Rina Tarol dan Djulalili, sementara berkas balon Justiar Noer-Reza Herdavid belum diterima karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015