Dekan Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi Universitas Bangka Belitung (FPPB -UBB),  Triwan Kusniadi, merasa bangga diikutsertakannya Universitas Bangka Belitung dalam pengembangan budidaya benur udang vaname.

"Produksi ini menjadi kesempatan yang baik bagi universitas. Alhamdulillah UBB dilibatkan pada kegiatan seperti ini, karena bagi Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi UBB, sangat mendukung untuk program kami di kurikulum merdeka belajar. Dari situ mahasiswa berkesempatan untuk magang dan langsung bisa bersentuhan dengan dunia industri," kata Triwan.

Dengan adanya kerjasama antara Pemprov Babel bersama PT Prima Benur Bangka dan UBB akan lebih mudah bagi mereka dalam penciptaan SDM yang unggul di bidang perikanan.

"Selama ini pihak perusahaan masih kesulitan dalam mendapatkan teknisi yang andal dari Babel, sehingga kita semakin serius dalam meningkatkan kualitas pendidikan," ujarnya.

Menurut Truwan, sisi lain pengembangan ini, UBB ada ahli vaname juga di FPPB, sehingga riset yang dikerjakan bisa bersama-sama untuk membangun dari sisi SDM-nya maupun sisi produksinya.

"Kita di kampus sangat konsisten terhadap tridarma perguruan tinggi, di situ ada pendidikan, pengabdian masyarakat, dan risetnya. Jadi ini suatu hal yang membahagiakan bagi kami karena ada tempat yang baik untuk belajar di situ," ujarnya.

Gubernur KepulauanBabel, Erzaldi Rosman, melihat potensi yang dapat dimanfaatkan di sektor pendidikan, sehingga pihaknya melibatkan Universitas Bangka Belitung (UBB), baik dalam produksi benur, maupun pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"UBB melalui Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi, kita harapkan bisa memanfaatkan KKN di sini dan magang langsung disini, sehingga, mahasiswa akan memahami dari awal apa-apa yang berkenaan dengan udang vaname ini," katanya usai pelepasan induk udang vaname di BPI Tanjung Kerasak, Bangka Selatan, Jumat.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022